Berbagi Pengetahuan untuk Pencerahan

Nandar Sunandar


Nandar, lahir di Ciamis, 24 April 1980 Masehi, bertepatan dengan 8 Jumadi Tsani 1400 Hijiriyah, putra pasangan Supirah Sobirin. Tradisi Sunda para orang tua menamai anaknya dengan pengulangan kata, sehingga saya diberi nama lengkap Nandar Sunandar. Nama itulah yang tertulis dalam Akta Lahir, KTP, Paspor, ijazah SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi, dan identitas diri lainnya. Sementara nama panggilan saya adalah Nandar atau Kang Nandar.

Sebagian besar masa kecil saya habiskan di Ciamis sejak 1980. Sekolah di SD Negeri Karangkamulyan 1 (kelas 1 sampai 5), lalu kelas 6 pindah ke SD Negeri Bojong 1, MTs PUI Cijantung-Ciamis, dan Madrasah Aliah PUI Cijantung-Ciamis. Saya baru meninggalkan kampung halaman pada 1999 saat mengikuti program menghafal Al-Qur’an di Mahad Al-Hikmah Cirebon. Lalu, pada tahun 2001 mengikuti program Bahasa Arab Intensif di Mahad Al-Imarat Bandung selama satu semester sebagai pembekalan untuk mengikuti seleksi masuk di Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta yang saat itu seleksinya cukup ketat. Alhamdulillah, tahun 2002 saya diterima di program Persiapan Bahasa (I’dad Lughawi) LIPIA Jakarta. Kemudian pada tahun 2004 saya dapat melanjutkan ke program Bahasa Arab Lanjutan (Taklimi) di kampus yang sama.

Saat saya merasa punya dasar bahasa Arab yang cukup dalam beberapa tahun yang telah dilalui, sempat kepikiran mau melanjutkan studi ke Timur Tengah, namun takdir Allah tidak bertepatan dengan keinginan. Akhirnya, pada tahun 2005 saya diterima di Fakultas Syari’ah LIPIA Jakarta setelah mengikuti proses seleksi yang cukup ketat. Masa kuliah berlangsung selama 4 tahun, dan saya pun lulus pada tahun 2009. Pada tahun yang sama, alhamdulillah saya diterima di Pascasarjana Universitas Indonesia, jurusan Kajian Timur Tengah dan Islam (KTTI) dengan peminatan Politik dan Hubungan Internasional (PHI) di Timur Tengah. Atas izin Allah saya lulus pada program magister di Universitas Indonesia pada tahun 2012.

Selama masa kuliah baik S1 maupun S2 saya terlibat secara aktif dalam kegiatan kemahasiswaan baik di dalam maupun di luar kampus, salah satunya aktif di Lembaga Dakwah Kampus LIPIA Jakarta. Selain itu dalam kegiatan keremajan, saya aktif menjadi staf pengurus Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) wilayah Jakarta Selatan pada tahun 2007. Sementara dalam bidang organisasi kepemudaan, saya aktif juga sebagai staf pengurus di World Assembly of Muslim Youth (WAMY) cabang Indonesia pada tahun 2008-2016.

Setelah lulus kuliah S2 yakni tahun 2013, saya aktif mengajar di perguruan tinggi, mata kuliah yang diampu adalah Pendidikan Agama Islam di beberapa kampus, antara lain: Universitas Pancasila Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Qudwah Depok. Kegiatan mengajar di kampus terus berlangsung hingga tahun 2016.

Pada tahun 2016 saya diterima sebagai mahasiswa Doktoral Program Studi Ilmu Tafsir di kampus Institut PTIQ Jakarta melalui program beasiswa 5000 Doktor Kementerian Agama RI. Hingga saat ini masih berjuang menyelesaikan Disertasi sebagai tugas akhir perkuliahan. Mengajar di kampus STAI Al-Qudwah Depok, Mahad Aly An-Nuaimy Jakarta, dan Poltekkes Kementerian Kesehatan Jakarta II adalah kegiatan rutin yang saya jalani saat ini. Selain itu, aktif juga mengisi kajian keislaman di masjid/mushalla, kampus maupun perkantoran sebagai bentuk pengabdian masyarakat.

Beristerikan Zakiah Husni Ramadani, saat ini dikaruniai tiga putra: Ahmad Faiq (lahir 2008), Asmaa Faiza (lahir 2013), dan Afnan Fakhira (lahir 2018).

BIODATA RINGKAS:

-         Lahir di Ciamis, Jawa Barat, 24 April 1980
-         SDN Bojong I, Ciamis, 1987-1992
-         MTs PUI Cijantung, Ciamis, 1993-1996
-         MA PUI Cijantung, Ciamis, 1997-1999
-         S1: Institut Agama Islam Al-Aqidah Jakarta, 2002-2006 (S.Pd.I)
-         S1: LIPIA Jakarta, 2005-2009 (Bachelor/Lc.)
-         S2: Universitas Indonesia Jakarta, 2009-2012 (M.Si.)
-         S3: Institut PTIQ Jakarta, 2016- proses penyelesaian
-         Staf Pengurus WAMY Indonesia, 2008-2016
-         Dosen Bahasa Arab Pusat Studi Islam Al-Manar, Jakarta, 2007-2013
-         Dosen STAI Al-Qudwah, Depok, 2013 – sekarang
-         Dosen Agama Islam Universitas Pancasila, Jakarta, 2013 – 2016
-         Dosen Mahad Aly An-Nuaimy, Jakarta, 2016 – sekarang
-         Dosen Agama Islam Poltekkes Jakarta II, Jakarta, 2019 - sekarang
Moto hidupnya: "Sebaik-baik manusia ialah yang paling bermanfaat bagi sesamanya"
Facebook: nandar.abufaiq
Instagram: nandar.1980
Twitter: @abahfaiq



@



0 Post a Comment:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Previous Posting Lebih Baru
Nandar Sunandar