Memunguti mutiara kehidupan

Islam Agama Allah

Ilustrasi (wikipedia)
Islam adalah agama langit. Disebut demikian karena ia datang dari sisi Allah ke tengah-tengah umat manusia di bumi. Selain itu karena ajarannya bersumber pada wahyu Ilahi. Wahyu-wahyu itu diturunkan oleh Allah secara berangsur kepada utusan-utusan-Nya di bumi yang disebut nabi atau rasul. Kemudian mereka terjemahkan firman-firman Allah itu secara terperinci menjadi suatu ajaran yang utuh dan aplikatif. Mereka adalah manifestasi agama Islam yang sesungguhnya.

Karena Islam agama yang berasal dari Allah maka ia berlaku untuk semua manusia yang hidup pada semua masa. Penyampaian risalah Islam berlangsung secara estafet kepada umat manusia dari nabi pertama Adam as. ke rasul berikutnya hingga rasul terakhir yakni Muhammad saw.

Esensi ajaran semua nabi dan rasul adalah sama yaitu tauhidullah (pengesaan Allah) dalam beribadah. Perbedaannya terletak pada pola pelaksanaannya semata. Maka, setiap manusia mukmin wajib mengikuti pola beragama seorang rasul yang diutus pada masanya.

Bagi manusia akhir zaman yang hidup semasa dengan nabi dan rasul terakhir, yakni Muhammad saw. hingga manusia yang hidup sebelum kiamat wajib mengikuti cara beragama sebagaimana yang diajarkan olehnya tanpa menambah atau mengurangi. 

Islam hadir kepada umat manusia berupa sistem aturan dan pedoman Ilahi. Ia menata kehidupan umat manusia seutuhnya, baik personal maupun sosial. Ia menunjuki arah dan membimbing jalan hidup manusia supaya selaras dengan tujuan penciptaannya yaitu beribadah kepada-Nya.

Islam adalah agama Allah. Dia pula yang senantiasa menjaganya. Lalu mengapa manusia harus melaksanakan ajaran Islam? Sebab Dialah yang menciptakan manusia, langit dan bumi dengan segala isinya. Dia pula yang Mahamengetahui petunjuk pelaksanaan hidup yang benar di dunia ini. Dengan demikian, siapa saja yang ingin hidup di jalan Allah yang lurus hendaklah ia menyelaraskan dirinya dengan agama Islam.

Jakarta, 02 Maret 2016 (edited)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Islam Agama Allah